Blog


7 Platform Streaming Online Terbaik

06 Mar 2021
326 Views

Di masa pandemi sekarang ini, memang susah untuk bisa menikmati film di bioskop. oleh karena itu platform streaming online menjadi alternatif untuk bisa terus menikmati film maupun serial. Hanya dengan smartphone di tangan kalian sudah bisa menonton berbagai macam hiburan film maupun serial yang disediakan.

Di sini saya akan merekomendasikan 7 platform streaming online yang sudah rilis di Indonesia dan bisa menjadi pilihan untuk menonton film maupun serial. Platform streaming online tersebut, antara lain :

1. Netflix

Foto: Bloomberg

Platform Streaming yang paling banyak digunakan oleh penikmat film salah-satunya adalah Netflix. Platform ini didirikan pada tanggal 29 Agustus 1997 di Scotts Valley, California, Amerika Serikat oleh 2 orang yaitu Reed Hestings dan Marc Randolph. Meskipun sudah didirikan cukup lama, namun ketenaran Netflix baru dimulai pada tahun 2010 dan terus meningkat sampai sekarang.

Banyak film maupun series yang disediakan di platform Netflix ini, mulai dari film luar negeri sampai dalam negeri dan tergolong sangat lengkap. Dilansir dari tekno kompas, jumlah film dan series di Netflix sekitar 5.291 yang berasal dari Amerika, sedangkan di Indonesia sendiri jumlahnya lebih kecil yaitu 1.528.

Untuk berlangganan Netflix kalian harus merogoh kocek yang tidak terlalu besar, berkisar antara Rp. 54.000 sampai dengan Rp.186.000 perbulan, kalian sudah bisa menikmati banyak film maupun serial dari dalam sampai luar negeri.

2. Disney+ Hotstar

Foto: kaskus.co.id

Platform streaming satu ini tergolong masih baru karena didirikan pada 12 november 2019. Meskipun masih tergolong baru namun Disney+ sudah mampu menarik banyak sekali penggemar dari seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri Disney+ berganti nama menjadi Disney+ Hotstar, namun masih sama seperti Disney+ yang ada di negara asalnya yaitu Amerika Serikat.

Disney+ Hotstar menyediakan banyak sekali film dan series, semua film-film milik Disney bisa diakses secara gratis di platform in, sebut saja Avengers: Endgame, Frozen, Coco, Aladin dan masih banyak lagi film Disney yang disediakan di platform ini. Takhanya film, series di Disney+ Hotstar juga sangat berkualitas seperti the Mandalorian dan serial yang sedang digandrungi oleh penikmat film penjuru dunia saat ini yaitu WandaVision.

Bagi kalian yang ingin berlangganan Disney+ Hotstar, siapkanlah dana berkisar Rp. 39.000 sampai Rp.199.000 tergantung paket yang akan dipilih nantinya.

3. Viu

Foto: cinemags.co.id

Viu merupakan platform streaming yang berasal dari Hongkong, diluncurkan pada tanggal 26 oktober 2015 dan baru merambah market Indonesia pada tanggal 26 mei 2016. Viu adalah platform streaming yang kebanyakan meyediakan film maupun serial yang berasal dari Asia dan mayoritas adalah film dan serial Korea atau biasa dikenal dengan istilah K-Drama. Oleh karena itu banyak penggemar K-Drama yang memilih Viu menjadi platform streaming favorit karena menyediakan banyak sekali drama Korea yang terbaru maupun lawas. Dilansir dari Wikipedia, sampai Desember 2018 saja pelanggan aktif Viu mencapai 30 juta pengguna dan dipastikan sekarang sudah makin bertambah. Bagi kalian yang ingin berlangganan Viu siapkanlah dana sekitar Rp. 30.000/bulan, harga yang sangat murah untuk bisa menikmati ratusan film favorit.

4. iflix

Foto: coins.ph

iflix berasal dari negri jiran Malaysia yang didirikan pada tahun 2014 oleh Patrick Groove dan Mark Britt. iflix baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016. Meskipun iflix pernah terpuruk karena tidak bisa bersaing dengan platform streaming lainnya, namun sekarang iflix mulai bangkit dengan menayangkan film-film berkualitas. Sebut saja film serial My Lecturer My Husband dan Imperfect The Series yang berhasil menarik perhatian penonton Indonesia untuk berlangganan di iflix. Tidak hanya serial tersebut, di iflix juga menyediakan banyak sekali film dan serial yang tidak kalah berkualitas.

Untuk berlangganan iflix, harga yang dipatok juga tidak terlalu mahal, cukup dengan Rp. 39.000/bulan kita sudah bisa menikmati film dan serial berkualitas di platform streaming ini.

5. GoPlay

Foto: goplay.co.id

GoPlay merupakan anak perusahaan dari Gojek yang baru diluncurkan pada tahun 2019. Meskipun masih sangat baru, GoPlay sudah menghasilkan film dan serial berkualitas antaralain : Gossip Girl, Tunnel, Saiyosakato dan lainnya.

Tidak seperti platform streaming lainnya yang berlomba-lomba menampilkan tontonan Hollywood, GoPlay lebih memilih menyajikan serial dan film lokal. Selain film lokal, film-film Asia juga bisa kita nikmati di GoPlay. What's Wrong with Secretary Kim dan Life on Mars merupakan tontonan yang bisa kalian pilih jika sedang mencari tontonan K-Drama.

Untuk menikmati konten yang disajikan di GoPlay, biaya subscribe bulanan berkisar Rp. 89.000 dan kalian sudah bisa menikmati sajian konten lokal terbaik se-Asia. GoPlay juga menyediakan layanan rental pertiap film yang akan kita tonton, dengan kata lain opsi rental ini juga bisa menjadi alternatif lain apabila pengguna tidak ingin melakukan subscribe bulanan.

6. iQIYI

Foto: kr-asia.com

iQIYI yang didirikan pada tahun 2010 dan berasal dari Tiongkok, sebuah platform streaming yang masih muda. Meskipun di Indonesia iQIYI masih belum sepopuler lainnya, namun iQIYI terbilang layanan yang paling banyak digunakan di Tiongkok, dan hingga saat ini pelanggan aktif dari iQIYI sudah mencapai lebih dari 6 juta pelanggan.

Kebanyakan film dan serial yang disediakan di iQIYI adalah berasal dari daratan Tiongkok. Nah, bagi kalian yang suka dengan Drama tiongkok, kalian wajib berlangganan platform streaming yang satu ini.

Biaya langgana untuk iQIYI sekitar Rp. 45.000 perbulannya, namun untuk pelanggan baru kalian hanya dikenakan biaya Rp. 3.000 untuk bulan pertama.

7. HBO GO

Foto: hbogoasia.id

HBO GO terbilang masih baru bagi pelanggan Indonesia, dan HBO GO ini berasal dari Amerika Serikat. Serial terpopuler sepanjang masa, Game of Thrones merupakan salah satu serial yang disediakan di platform streaming ini. Tidakhanya Game of Thrones. Dengan HBO GO, kamu bisa menonton film dan serial HBO dan HBO Asia Original, film Hollywood, tayangan TV (HBO, HBO Hits, HBO Family, HBO Signature, Cinemax, dan Red by HBO). Kelebihan HBO GO adalah film-film original baru dan selalu ditayangkan dengan waktu yang sama dengan di Amerika. Konten di HBO GO juga akan diperbarui setiap minggunya.

Untuk berlangganan sendiri, biaya yang harus dikeluarkan yaitu sekitar Rp. 60.000/bulan dan kalian sudah bisa menikmati sajian tontonan yang ada di HBO GO.

Itulah 7 Platform streaming yang sudah ada dan bisa kita nikmati di Indonesia, kalian tinggal memilih platform mana yang ingin dijadikan sebagai sarana untuk menikmati film maupun serial sebagai teman menghabiskan waktu di masa pandemi ini.

Penulis: Jowin Angelino

About the author


Jowin Angelino

Jowin Angelino

 

Not so epic default description :[